Ini yang Terjadi Jika Lensa Kontak Tak Dilepas Saat Tidur

Ini yang Terjadi Jika Lensa Kontak Tak Dilepas Saat Tidur

Ini yang Terjadi Jika Lensa Kontak Tak Dilepas Saat Tidur

 

Ini yang Terjadi Jika Lensa Kontak Tak Dilepas Saat Tidur

AGEN BETTING TOGEL TERPERCAYA – Ini yang Terjadi Jika Lensa Kontak Tak Dilepas Saat Tidur

Lensa kontak saat ini begitu mudah didapat dengan harga sangat terjangkau, sehingga siapa saja bisa membeli dan menggunakannya. Akan tetapi, kualitas lensa kontak yang harganya murah tentu saja tidak begitu baik, sehingga orang yang tidak perlu menggunakannya dianjurkan untuk tak memakai benda tersebut demi kesehatan mata sendiri.

Demikian pula jika pengguna lensa kontak sering malas mengganti dan melepas benda tersebut kala hendak tidur, termasuk saat tidur siang. Apalagi sampai lupa melepas lensa kontak hingga berhari-hari, tentu saja ada dampak yang akan dialami.

Menurut dokter bedah mata Irina Belinsky, walau iklan produk menyebut bahwa lensa kontak aman dipakai walau sedang tidur, sebaiknya jangan lakukan itu.

“Tips dalam menjaga kebersihan lensa kontak yang baik adalah tidak tertidur dengan lensa kontak,” jelas Belinsky dilansir laman Business Insider.

Benda asing tetaplah benda asing yang tidak aman dan nyaman diletakkan dalam mata.

“Lensa kontak juga bisa memerangkap bakteri, karena itu, sangat penting untuk melepas lensa kontak Anda dan membersihkannya secara rutin,” tambah dia.

Mata pun memerlukan udara dan kelembabannya perlu dijaga, sementara jika Anda memakai lensa, benda itu akan menutupi bola mata Anda.

Membiarkan lensa kontak dalam waktu lama di mata dapat menimbulkan infeksi, juga iritasi ringan. Walau dapat diobati dengan tetes mata antibiotik, namun meminimalkan resiko tentu lebih baik.

Baca Juga :

Apalagi kornea mata pun dapat mengalami luka jika infeksi bertambah parah. Penurunan kesehatan kornea ini membuat kondisi penglihatan memburuk. Pada keadaan paling parah, ancaman kebutaan bisa terjadi.

“Kebutaan akibat lensa kontak cenderung langka dan kasus ini biasanya berkaitan dengan kebersihan lensa kontak yang sangat, sangat buruk,” tandasnya.

Untuk mencegah kondisi terburuk, solusi mudahnya hanya dengan melepas lensa kontak sebelum tidur, serta menjaga kebersihan lensa.