Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

AGEN BETTING TOGEL TERPERCAYA, Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Saat memasuki usia 20an, terutama 25 tahun ke atas, para wanita kerap dibanjiri dengan pertanyaan seputar pernikahan. Tak jarang, hal tersebut bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para wanita, terlebih bagi yang belum memiliki kekasih.

Memang, jodoh itu bukan hanya soal takdir yang telah Tuhan tuliskan. Melainkan juga tentang usahamu dalam mencarinya. Namun, jangan sampai desakan dari orang lain yang memintamu untuk segera menikah itu jadi suatu bumerang yang nantinya membuatmu asal pilih dalam mencari pasangan hidup.

Menikah itu ibadah seumur hidup. Sudah sepatutnya kamu, para wanita, mempersiapkan dirimu dengan baik sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Selain perlu mencari pasangan yang terbaik, kamu juga harus memperhatikan kelima hal berikut ini.

1. Karier dan pendidikan

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Apa pendidikan terakhirmu saat ini? Dan bagaimana kondisi kariermu saat ini? Setelah menikah, tak dapat dipungkiri bahwa kegiatanmu sehari-hari akan mengalami perubahan. Sebagai wanita yang telah berstatus sebagai seorang istri tentu kamu harus mampu mengurus segala kebutuhan rumah tanggamu dengan baik.

Mulai dari mengurus suami, rumah, anak-anak yang nantinya akan kamu lahirkan, dan juga dirimu sendiri. Dengan segelintir rutinitas baru yang akan kamu lakukan setelah menikah, tentu dapat saja mempengaruhi kondisi kariermu.

Apalagi bila kamu masih sibuk kuliah atau menempuh pendidikan yang lainnya. Pikirkanlah dengan matang, bagaimana kamu akan mengatur semua kegiatanmu kelak setelah menikah, bahkan jika nanti setelah memiliki anak.

Menikah itu sebenarnya bukan hambatan karier ataupun pendidikan. Sebab banyak wanita yang meskipun telah berumah tangga, tapi tetap bisa memiliki karier yang cemerlang ataupun pendidikan yang tinggi. Hal itu tergantung bagaimana caramu mengatur waktu dan menyiapkan mentalmu agar kuat menghadapi segala tantangan tersebut.

Oleh karena itu, pikirkanlah bagaimana kelanjutan karier dan pendidikanmu setelah kamu menikah? Buatlah perencanaan untuk mengatasinya. Semakin matang perencanaanmu, maka semakin mudah hal tersebut untuk didiskusikan dengan calon suamimu kelak saat sebelum menikah.

2. Kontrol diri

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Jika saat sebelum menikah kamu masih menjadi tanggung jawab ayahmu, atau bila ayahmu telah tiada maka menjadi tanggung jawab saudara lelakimu. Maka setelah menikah nanti, kamu akan menjadi tanggung jawab suamimu.

Di bawah kepemimpinan suami, sebagai istri, kamu harus memiliki kontrol diri yang baik. Kamu harus mampu menahan emosi dan ego demi keutuhan rumah tanggamu. Terlebih bila saat masih lajang kamu sudah terbiasa untuk menjadi sosok wanita yang serba mandiri dan tegas dalam mengambil keputusan.

Meskipun sifat mandiri dan tegas memang bagus dan perlu dimiliki oleh setiap wanita, namun sadarilah bahwa kamu harus punya kontrol diri yang baik untuk mengeluarkan sifat mandiri dan tegasmu tersebut.

Sebab pada dasarnya, lelaki memang diciptakan sebagai seorang imam atau pemimpin bagi para wanita. Maka dari itu, kamu harus mampu memposisikan diri sebagai yang dipimpin. Jadikanlah sifat mandiri dan tegasmu tersebut sebagai modal utama untuk menjadi makmum atau istri yang baik.

3. Keluarga

Baca Juga :

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikahunsplash.com/Kevin Curtis

Menikah memang bukan hanya tentang penerimaanmu terhadap sang calon suamimu dan sebaliknya. Melainkan juga tentang penerimaan keluargamu terhadap keluarga calon suamimu dan sebaliknya. Tak jarang, keluarga justru bisa jadi faktor gagalnya pernikahan, akibat terhalang restu orang tua.

Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menikah, kamu dan calon suamimu harus sama-sama memastikan bahwa keluarga kalian telah sama-sama memberi restu.

Dan khususnya, pikirkanlah juga mengenai hubunganmu dengan keluargamu setelah menikah nanti. Bagaimana caranya untuk tetap menjaga silaturahmi dengan keluargamu setelah menikah? Lalu bagaimana kondisi keluargamu jika kamu dan suami memutuskan untuk tinggal juah dari keluarga setelah menikah? Hal ini perlu kamu diskusikan dengan baik dengan calon suamimu.

4. Agama

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Bukankah tujuan utama menikah itu adalah untuk beribadah? Ingatlah bahwa saat memutuskan untuk menikah, berarti kamu sudah siap untuk beribadah bersama calon suamimu kelak, seumur hidupmu.

Sebab setelah menikah, untuk menyenangkan hati pasangan itu bernilai ibadah. Untuk melahirkan, mendidik dan membesarkan anak-anak itu ibadah. Dan untuk bersusah payah mengurus semua urusan rumah tangga itu, juga bernilai ibadah.

Maka kuncinya, sebelum menikah, kamu harus memperdalam ilmu agama. Jika untuk sembahyang saja kamu perlu belajar dulu hingga akhirnya kamu mengerti bagaimana cara untuk beribadah, begitu pula dengan menikah.

Sudah sepatutnya sebelum menikah pun kamu harus belajar memperdalam ilmu agama agar kamu mengerti bagaimana caranya menjalani pernikahan sesuai dengan tuntunan agama. Terlebih sebagai wanita, kamulah yang akan menjadi guru pertama bagi anak-anakmu kelak.

5. Kesehatan

Inilah 5 Hal Utama yang Harus Kamu Perhatikan Sebelum Menikah

Jika keempat hal di atas telah kamu kuasai dengan baik, maka langkah terakhir yang tak kalah penting adalah masalah kesehatan. Tak hanya kesehatan fisik, tapi juga psikis. Sebab setelah menikah nanti, kamu perlu banyak kekuatan untuk menghadapi berbagai masalah yang mungkin saja terjadi tanpa kamu pernah duga sebelumnya.

Maka, sebelum menikah cobalah untuk berterus terang kepada pasanganmu mengenai riwayat penyakit yang pernah kamu derita. Dan sebaiknya, kamu berdua melakukan medical check up di rumah sakit dan juga konseling pra nikah dengan seorang psikolog.

Hal tersebut sangat berguna untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dapat diterima oleh pasangan yang berkaitan dengan kesehatan kita. Dan atau sebagai tolak ukur daya tahan jiwa raga masing-masing.

Nah, itulah kelima hal yang perlu kamu perhatikan sebelum akhirnya memutuskan untuk menikah. Niatkanlah menikah untuk beribadah agar Tuhan selalu memberkahi pernikahanmu. Semoga bermanfaat.