Kode Warna Di Kemasan Pasta Gigi Menandakan Kandungan Di Dalamnya, Benarkah?

Kode Warna Di Kemasan Pasta Gigi Menandakan Kandungan Di Dalamnya, Benarkah?

Kode Warna Di Kemasan Pasta Gigi Menandakan Kandungan Di Dalamnya, Benarkah?

AGEN BETTING TOGEL TERPERCAYA – Kode Warna Di Kemasan Pasta Gigi Menandakan Kandungan Di Dalamnya, Benarkah?

Pernahkah kalian memperhatikan di kemasan belakang pasta gigi terdapat kode warna yang berbeda setiap produk? Kode warna tersebut berbentuk persegi kecil pada bagian bawah. Biasanya kode tersebut akan berwarna merah, hijau, biru dan hitam.

Rumornya, kode tersebut menunjukkan kandungan pada setiap produk pasta gigi. Warna biru menandakan bahwa pasta gigi memiliki kandungan bahan natural dan obat-obatan. Warna hijau untuk pasta gigi berbahan natural. Merah menandakan adanya bahan natural dan bahan kimia. Sementara warna hitam hanya menggunakan bahan kimia murni.

Kode warna tersebut rupanya tidak benar. Seorang dokter gigi, drg Ratu Mirah Afifah, GCClienDent, MDSc, Profesional Manager Oral Care Unilever mengatakan bahwa ia sendiri tidak pernah mengetahui hal itu.

“Terus terang hal tersebut belum pernah saya kenal,” ujar drg Ratu, dilansir dari detikHealt. Ia menuturkan bahwa semua kandungan terutama bahan aktif sudah tercantum di dalam kemasan. Jadi, pengguna tidak perlu melihat kode warna untuk mengetahui apa yang terdapat di dalam pasta gigi.

Selain itu, drg Ratu juga mengatakan bahwa semua pasta gigi mengandung flouride dan bahan aktif lainnya yang sering ditambahkan sesuai kebutuhan pengguna. Flouride sendiri berguna untuk menguatkan email dan mencegah gigi berlubang. Pasta gigi di Indonesia juga aman karena telah melewati pemeriksaan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Semua pasta gigi yang beredar di Indonesia sudah lewat persetujuan BPOM,’ jelas drg Ratu. “Jadi aman untuk dipakai sehari-hari.” Selain itu, Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), drg Hananto Seno, SpBM mengatakan hal serupa.

“Tidak anjuran seperti itu,” kata drg Hananto. Kode warna tersebut tidak memberi pengaruh apapun secara khusus pada komposisi kandungannya karena dalam proses produksi, perusahaan mengikuti standar yang ada.

Kode warna tersebut ternyata tidak ada hubungan sama sekali dengan kandungan di dalam pasta gigi. Persegi dengan beberapa warna tersebut merupakan kode produksi yang disebut eye mark. Tanda ini menunjukkan apakah kemasan harus di lipat atau dipotong saat proses di mesin dengan kecepatan tinggi.

Kode Warna Di Kemasan Pasta Gigi Menandakan Kandungan Di Dalamnya, Benarkah?
Kode Warna Di Kemasan Pasta Gigi Menandakan Kandungan Di Dalamnya, Benarkah?

Eye mark tersebut juga dibuat agar sensor yang ada pada mesin pembuat kemasan pasta gigi dapat menentukan secara pasti posisi dimana mereka harus memotong, melipat hingga menyegel kemasan sebelum dijual ke pasaran. Warna-warna tersebut disesuaikan dengan kebutuhan sensor pada mesin pembuat kemasan produk pasta gigi.

Jadi, saat memilih pasta gigi kalian tidak perlu khawatir terdapat kode warna tersebut. Hal yang perlu kalian perhatikan hanyalah kandungan bahan-bahan yang telah tercantum lengkap di kemasan bagian belakang.